Bawaslu Kabupaten Gunung Mas gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif tahun 2024

Humas Bawaslu Kabupaten Gunung Mas | Selasa, 30 Januari 2024 - 19:41:33 WIB
Bawaslu Kabupaten Gunung Mas gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif tahun 2024

Kuala Kurun - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunung Mas gelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang dilaksanakan di aula Bappedalitbang, Selasa, 30 Januari 2024.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat bersama-sama mengawal dan mengawasi pemilu agar pemilu nanti berjalan jujur, adil, damai dan kondusif," ujar Anggota Bawaslu Gunung Mas Sukjani, Selasa, 30 Januari 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan lainnya sehingga diharapkan setelah acara sosialisasi ini mereka bisa menyebar luaskan materi yang disampaikan. Sebab personil Bawaslu terbatas sehingga membutuhkan partisipasi aktif masyarakat untuk mengawal dan mengawasi pemilu mendatang agar tidak melanggar aturan yang berlaku.

Sukjani mengingatkan agar masyarakat khususnys di Kabupaten Gunung Mas bisa mengingatkan satu sama lain agar melaksanakan kampanye sesuai dengan aturan yang berlaku. "Misalnya saya ingatkan kepada semua parpol, agar tidak melakukan kampanye di tempat ibadah, di sekolah dan tempat lain yang dilarang. Kami memperlakukan semua paslon, parpol sama," jelas Sukjani.

Dalam kegiatan tersebut Sukjani juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya atau terprovokasi dengan berita-berita yang beredar. Lebih baik dicek terlebih dahulu kebenarannya memastikan berita itu bukan berita hoaks.

"Bila ada masyarakat yang menemukan pelanggaran selama tahapan pemilu, bisa dikoordinasikan atau dilaporkan ke Bawaslu dan jajaranya termasuk Panitia Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) di desa masing-masing," ajaknya. Lebih lanjut, untuk narasumber kata Sukjani ada dua orang yakni Sekretaris PWI Gunung Mas Arham Said dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kapuas periode 2018-2023 Herigalis Mahar. (RISKA YULYANA/R)